Contoh Laporan Prakerin

LAPORAN PRAKERIN
DI PT. TELKOM CABANG KALIJATI

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti Ujian Nasional
Tahun Diklat 2010 / 2011
Logo SMKN Cikaum.JPG







NAMA                                 :    R I S M A W A T I
NIS                                      :    9933577773
PROGRAM KEAHLIAN  :    TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI CIKAUM
SMK N CIKAUM
Jln. Raya Ampera Cikaum Subang 41261 Telp. (0260) 9141234
2010







LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

LAPORAN PRAKERIN DI PT. TELKOM CABANG KALIJATI
DISUSUN OLEH :
                                                  R I S M A W A T I
9933577773
TEKNIK INFORMATIKA


Pembimbing I


BAMBANG AGUSTIN, SE
 

Pembimbing II


WASKITANINGRUM, S,Si
 







Menyetujui,


Kepala Program Keahlian
Teknik Informatika


AHMAD HUSAENI, S,Pd
 

Kepala SMKN Cikaum



SAEFUL BAHRI, SP
NIP. 19660713 198901 1 002


NIP. 19660713 198901 1 002
 







LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN

LAPORAN PRAKERIN DI PT. TELKOM CABANG KALIJATI

DISUSUN OLEH :
R I S M A W A T I
9933577773
TEKNIK INFORMATIKA



Kepala Personalia


ELAN RAMLAN
NIK. 602472
 

Pembimbing Lapangan


ANNA LEGI YULIANA
 







DAFTAR RIWAYAT HIDUP
            Nama lengkap penulis Rismawati. Lahir di Subang pada tanggal 07 Februari 1994 sebagai anak pertama dari empat bersaudara, dari pasangan ayahanda Rosim dan ibunda Icum.
            Tahun 2005 penulis lulus dari SD Negeri 2 Cikaum, tahun 2008 penulis lulus dari SMP Negeri 1 Cikaum, dan pada tahun yang sama penulis melanjutkan pendidikan di SMK Negeri Cikaum dan diterima sebagai Taruni di jurusan Teknik Informatika.
            Pada semester ke-2 tingkat II penulis melakukan kegiatan PRAKERIN selama enam bulan. Pada empat bulan pertama PRAKERIN penulis laksanakan di PT. Telkom Cabang Kalijati, dan dua bulan berikutnya PRAKERIN penulis laksanakan di PT. Jae Hyun Indonesia (JHI) Cikarang. Tugas PRAKERIN ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional tahun diklat 2010 / 2011.









KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpah rahmat-Nya serta hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan kegiatan ini dengan singkat, jelas dan tepat waktu. Laporan kegiatan ini disusun berdasarkan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau disebut juga PRAKERIN (Praktek Kerja Industri), yang penulis laksanakan selama enam bulan. Pada empat bulan pertama PRAKERIN penulis laksanakan di PT. Telkom Cabang Kalijati, dan dua bulan berikutnya PRAKERIN penulis laksanakan di PT. Jae Hyun Indonesia (JHI) Cikarang.
            Dalam penyusunan laporan kegiatan PRAKERIN ini, penulis banyak  mendapatkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik itu yang bersifat moral maupun material. Untuk itu, penulis mengucapkan Terima kasih kepada Yth :
1.      Kedua orang tua, yang telah memberikan dukungan kepada penulis selama melakukan kegiatan PRAKERIN ;
2.      Bpk. Saeful Bahri, SP. selaku Kepala Sekolah SMK N Cikaum ;
3.      Bpk. Ade Nurman Sucipto, A.Md. selaku Ketua HUBIN SMK N Cikaum ;
4.      Bpk. Ahmad Husaeni, S.Pd. selaku Koordinator HUBIN dan Kepala Program Teknik Informatika SMK N Cikaum ;
5.      Bpk. Dindin Saefudin Ramdan, A.Md. selaku Sekretaris HUBIN SMK N Cikaum ;
6.      Bpk. Bambang Agustin, SE. selaku Pembimbing I SMK N Cikaum ;
7.      Ibu. Waskitaningrum, S,Si. selaku Pembimbing II SMK N Cikaum ;
8.      Semua Guru dan Staf  TU SMK N Cikaum ;
9.      Bpk. Elan Ramlan. selaku Kepala Kantor Cabang PT. Telkom Kalijati ;
10.  Ibu. Anna Legi Yuliana. selaku Pembimbing Lapangan di PT. Telkom Cabang Kalijati ; dan
11.  Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan kegiatan ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kegiatan ini masih terdapat kekurangan yang tidak disadari oleh penulis. Maka dari itu, penulis berharap kepada semua pembaca untuk dapat memberikan kritik dan sarannya yang tentunya bersifat membangun demi terciptanya penyusunan laporan kegiatan yang baik dan benar.
Akhir kata, semoga buku ini dapat bermanfaat. Amin.

Cikaum, November 2010

Penulis










DAFTAR ISI
Judul                                                                                          Halaman
Lembar Pengesahan Sekolah                                                            i
Lembar Pengesahan Perusahaan                                                    ii
DAFTAR RIWAYAT HIDUP                                                        iii
KATA PENGANTAR                                                                      iv
DAFTAR ISI                                                                                     vi
DAFTAR LAMPIRAN                                                                    ix
DAFTAR GAMBAR                                                                        x
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang                                                                   1
1.2.      Tujuan Prakerin                                                                  3
1.3.      Manfaat Prakerin                                                               3
1.4.      Waktu Pelaksanaan                                                            4
1.5.      Lokasi Prakerin                                                                  5
1.6.      Teknis Pengumpulan Data                                                 5
1.7.      Sistematika Penulisan                                                        6
BAB II. URAIAN
2.1.   Kondisi Umum Perusahaan                                                  9
2.1.1.   Lokasi Perusahaan                                                     9
2.1.2.   Struktur Organisasi Perusahaan                                10
2.1.3.   Sarana dan Fasilitas Perusahaan                                11
2.1.4.   Tata Tertib Perusahaan                                              12
2.1.5.   Keselamatan Kerja                                                    12
2.2.   Sejarah Singkat Perusahaan                                                 13

            BAB III. LANDASAN TEORI
3.1.    Pengetikan Sepuluh Jari                                                      14
3.1.1.    Posisi Tangan Pada Keyboard                                14
a)    Posisi Pertama                                                    14
b)   Posisi Kedua                                                      17
3.1.2.    Struktur Tombol Pada Keyboard                           19
3.1.3.    Fungsi-Fungsi Tombol Pada Keyboard                  21
3.1.4.    Tips Menggunakan Keyboard                                24
            BAB IV. URAIAN JURNAL PRAKERIN
4.1.   Jurnal Kegiatan                                                                  26
4.1.1.    Uraian Jurnal PRAKERIN di PT. Telkom
Cabang Kaljati                                                        26
4.1.2.    Uraian Jurnal PRAKERIN di PT. Jae Hyun
Indonesia (JHI)                                                       31
4.2.   Tugas dan Cara Kerjanya                                                  32
4.2.1      Pelayanan Serpo                                                     32
4.2.2      Operator                                                                  37

            BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.   Kesimpulan                                                                        39
5.2.   Saran                                                                                  39
DAFTAR PUSTAKA











DAFTAR LAMPIRAN

1.      Struktur Organisasi PT. Telkom Cabang Kalijati
2.      Denah Lokasi PT. Telkom Cabang Kalijati
3.      Daftar hadir
4.      Dua lembar daftar nilai
5.      Uraian Jurnal harian PT. Telkom Cabang Kalijati
6.      Dua lembar Sertifikat





DAFTAR TABEL
Halaman
1.1.  Tabel Jadwal masuk di PT. Telkom Cabang Kalijati                                   4
3.1.  Tabel fungsi-fungsi tombol pada Keyboard                                                 23
4.1.  Tabel Uraian jurnal Prakerin di PT. Telkom Cabang Kalijati                       28
4.2.  Tabel Uraian jurnal Prakerin di PT. Jae Hyun Indonesia                             33





DAFTAR GAMBAR
Halaman
3.1. Gambar Posisi Tangan
3.2. Gambar Antara Tangan Kiri Dengan Tangan Kanan
3.3. Gambar Posisi Jari Kedua
3.4. Gambar Keyboard
3.5. Struktur Tombol Keyboard
3.6. Posisi Saat Menggunakan Keyboard




BAB I
 PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
         Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan, setiap taruna-taruni lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian, dan siap kerja. Kegiatannya itu disebut dengan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Prakerin adalah suatu kegiatan yang sangat diwajibkan untuk tingkatan SMK dan sederajat, untuk dapat mengenal dunia industri yang sebenarnya.
         Sekolah Menengah Kejuruan, sistem pendidikannya menggunakan metode sistem pendidikan dengan dua jalur. Yaitu, jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah. Maksudnya, jalur pendidikan luar sekolah adalah taruna-taruni wajib melaksanakan Prakerin. Dalam melaksanakan Prakerin ini seperti yang tertera pada Undang-Undang Prakerin no. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional, dan peraturan lainnya ;
1.    Penyelenggaraan pendidikan dilakukan dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah.
2.    Penyelenggaraan Sekolah Kejuruan dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
(PP. 29, Bab XI, Pasal 29, Ayat 1)
                        Untuk melaksanakan Prakerin, taruna-taruni memerlukan skill yang bagus, mental dan fisik yang kuat. Maka dari itu peserta Prakerin harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi, untuk menunjang keberhasilan Prakerin. Kedisiplinan adalah suatu sikap yang setiap kegiatannya diatur yang dijalankan secara patuh dan taat, kemudian disiplin artinya mentaati dan mengikuti peraturan yang ada pada situasi atau keadaan tertentu.
                        Selain itu peserta Prakerin juga harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi segala situasi, baik disaat sulit maupun tidak. Dan peserta Prakerin harus memiliki fisik yang kuat. Maka dari itu, untuk memiliki fisik yang kuat, SMK melaksanakan suatu kegiatan yang disebut dengan LATDASTAR (Latihan Dasar Taruna). Dalam kegiatan ini selain untuk menjadikan fisik yang kuat, taruna-tarunipun melatih mental, dan mendapatkan materi-materi pengetahuan seputar Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).
                        Keuntungan dari kegiatan Prakerin ini, yaitu dapat memberikan pengalaman yang lebih, dan menjadikan taruna-taruni sebagai tenaga kerja yang profesional dan berkualitas.











1.2.       Tujuan Prakerin
Tujuan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah sebagai berikut :
1.    Meningkatkan dan mengembangkan hubungan antara sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri.
2.    Menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan berkualitas.
3.    Mengasah keterampilan yang telah diberikan oleh sekolah ke dunia industri.
4.    Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas.
5.    Menambah keterampilan serta wawasan dalam dunia usaha.
6.    Mewujudkan visi dan misi sekolah.
7.    Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional.
1.3.       Manfaat Prakerin
Adapun manfaat dari PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yaitu :
1.      Dapat mengenali seperti apa pekerjaan industri di lapangan, sehingga setelah lulus taruna taruni sudah tidak asing lagi dengan dunia kerja.
2.      Dapat menambah keterampilan serta wawasan dalam dunia usaha.
3.      Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan oleh sekolah, taruna taruni juga dapat melatih jiwa mandiri, berani, bertanggung jawab, serta disiplin.
4.      Meningkatkan kedisiplinan serta rasa tanggung jawabnya.
5.      Memperoleh link and match antara perusahaan dengan sekolah.
1.4.       Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Prakerin yang telah dilaksanakan oleh penulis selama Prakerin di PT. Telkom Cabang Kalijati, yang dimulai pada tanggal 6 Januari 2010 sampai dengan tanggal 16 April 2010. Dengan itu, maka penulis telah menyelesaikan Prakerin selama 4 bulan di PT. Telkom Cabang Kalijati. Jadwal masuknya setiap hari senin s/d jum`at, pukul 07:30-16:00 WIB.
Berikut ini adalah jadwal masuk yang penulis laksanakan selama PRAKERIN di PT. Telkom Cabang Kalijati :
No.
Hari
Jam Kerja
Masuk
Istirahat
Pulang
1
Senin
07.30 – 12.00
12.00 - 1300
13.00 – 16.00
2
Selasa
07.30 – 12.00
12.00 - 1300
13.00 – 16.00
3
Rabu
07.30 – 12.00
12.00 - 1300
13.00 – 16.00
4
Kamis
07.30 – 12.00
12.00 - 1300
13.00 – 16.00
5
Jum’at
07.30 – 12.00
12.00 - 1300
13.00 – 16.00
6
Sabtu
LIBUR

Tabel 1.1
Jadwal masuk di PT. Telkom Cabang Kalijati

 

1.5.      Lokasi Prakerin
Lokasi tempat berlangsungnya penulis melaksanakan Prakerin selama waktu yang telah ditentukan yaitu di :
Nama Perusahaan     : PT. Telekomunikasi Indonesia/PT. Telkom Cabang
Kalijati.
Alamat                      : Jln. Raya Baru Kalijati Kabupaten Subang.

1.6.      Teknis Pengumpulan Data
Penulis mengumpulkan berbagai macam informasi dan data-data sehingga penyusunan laporan dapat disajikan secara lengkap dan tepat demi untuk menunjang sempurnanya laporan kegiatan Prakerin ini, penulis menggunakan teknik atau metode penyusunan sebagai berikut :
1.      Metode Interview
Penulis melakukan interview pada pihak-pihak yang berhubungan dengan penulisan laporan kegiatan, dan penulis juga melakukan interview kepada pembimbing- pembimbing di perusahaan dan pembimbing- pembimbing penulisan yang merupakan narasumber bagi penulis.

2.      Metode Literatur
Penulis mengumpulkan berbagai macam data dan informasi yang aktual dari buku-buku atau karya tulis- karya tulis lainnya.
3.      Metode Dokumentasi
Metode ini penulis gunakan untuk bahan pertimbangan serta gambaran sementara, agar penyusunan laporan kegiatan jadi lebih jelas dan penulis dapat meyakinkan kalau hasil penulisan yang telah digambarkan sudah tersusun rapi dan tepat.
4.      Metode Observasi
Dalam metode ini penulis melakukan banyak pengamatan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan laporan, supaya data-data yang didapat menjadi lebih akurat dan objektif.

1.7.  Sistematika Penulisan
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
1.2.                      Tujuan Prakerin
1.3.                      Manfaat Prakerin
1.4.                      Waktu Pelaksanaan
1.5.                      Lokasi Prakerin
1.6.   Teknis Pengumpulan Data
1.7.                      Sistematika Penulisan
BAB II. URAIAN
2.1. Kondisi Umum Perusahaan
2.1.1.      Lokasi Perusahaan
2.1.2.      Struktur Organisasi Perusahaan
2.1.3.      Sarana dan Fasilitas Perusahaan
2.1.4.      Tata Tertib Perusahaan
2.1.5.      Keselamatan Kerja
2.2. Sejarah Singkat Perusahaan
BAB III. LANDASAN TEORI
3.1. Pengetikan Sepuluh Jari
3.1.1.      Posisi Tangan Pada Keyboard
a)      Posisi Pertama
b)      Posisi Kedua
3.1.2.      Struktur Tombol Pada Keyboard
3.1.3.      Fungsi-Fungsi Tombol Pada Keyboard
3.1.4.      Tips Menggunakan Keyboard
      
BAB IV. URAIAN JURNAL PRAKERIN
4.1.      Jurnal Kegiatan
4.1.1.      PRAKERIN di PT. Telkom Cabang Kaljati
4.1.2.      Uraian Jurnal PRAKERIN di PT. Jae Hyun
Indonesia (JHI)
4.2.      Tugas dan Cara Kerjanya
4.2.1        Pelayanan Serpo
4.2.2        Operator

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.       Kesimpulan
5.2.       Saran




BAB II
URAIAN
2.1.   Kondisi Umum Perusahaan
           Pemerintah Republik Indonesia melalui menteri perhubungan menurunkan surat keputusan yang intinya, pengelolaan dan bisnis Telekomunikasi tidak boleh ada monopoli. Sehingga bermunculan perusahaan-perusahaan Telekomunikasi swasta di Indonesia. Contohnya seperti Esia, Indosat dan lain sebagainya.
           Perdagangan dan bisnis Telekomunikasi di Indonesia harus bebas monopoli. Hal ini menimbulkan terjadinya persaingan-persaingan dalam bisnis Telekomunikasi. Dampak positif dari bisnis Telekomunikasi sampai ke pelosok-pelosok daerah.
2.1.1.    Lokasi Perusahaan
Adapun lokasi perusahaan yang penulis masuki selama PRAKERIN yaitu :
Nama Perusahaan          : PT. Telekomunikasi Indonesia/Telkom
Cabang Kalijati.
Alamat                           : Jln. Raya Baru Kalijati Kabupaten Subang.
No. Tlp/Fax                   : (0260) 460108, Fax (0260) 462900
2.1.2.    Struktur Organisasi Perusahaan
1.      Kasi Teknik : tugasnya yaitu sebagai koordinator teknik jaringan kabel di area kantor cabang kalijati. Bertanggung jawab hasil pekerjaannya kepada DIVA Area Cirebon. Dijabat oleh Bpk. Muhammadin/611212.
2.    Kasi Pelayanan dan Koordinator Pengamanan : Tugasnya yaitu sebagai koordinator pelayanan dan pengamanan di area Kantor Cabang Kalijati. Seperti pelayanan komplen, Pasang Baru, Fitur-fitur, informasi rekening tagihan dan lain-lain. Bertanggung jawab kepada DCS Area Cirebon. Dijabat oleh Bpk. Elan Ramlan/602472.
3.     Servis Poin : Tugasnya yaitu melayani PSB, Wireline, Speedy, Pelayanan Pembayaran Rekening Telepon dan Speedy, informasi Billing, pelayanan gangguan dan lain-lain. Bertanggung jawab kepada Kasi Pelayanan. Dijabat oleh Ibu Anna Legi Yuliana.
4.   Koordinator Teknik : Tugasnya yaitu meliputi penugasan-penugasan pada bagian gangguan dan pembenahan. Bertanggung jawab kepada Kasi Teknik atas hasil pekerjaannya. Dijabat oleh Bpk. Ahmad Kosim.
5.      Pembenahan : tugasnya yaitu meliputi pembenahan jaringan kabel diseputar area Kalijati. Bertanggung jawab kepada Koordinstor Teknis STO Kalijati. Dijabat oleh Bpk. Suherman, Bpk. Ikin Sodikin, Bkp. Sarmud.
6.      Gangguan : Tugasnya yaitu menerima informasi gangguan yang didapat melalui telepon dan dengan datang langsung ke loket untuk segera diperbaiki. Hasil pekerjaannya dipertanggung jawabkan kepada Koordinator Teknik. Dijabat oleh Bpk. Sulistiono dan Bpk. Kodar Ibrahim.
7.      Cleaning Servis dan Sales : Bertugas sebagai pemeliharaan gedung dari sisi kebersihan, penjualan dan pencarian pelanggan baru di area Klijati. Bertangung jawab kepada Kasi Pelayanan. Dijabat oleh Bpk. Ahmad Djunaedi.
8.      IKR/G PSB : Tugasnya yaitu penarikan kabel dari tiang ke rumah-rumah pelanggan. Dijabat oleh Bpk. Sudriawan.
9.      Secqurity/Pengamanan : Bertugas Menjaga dan memelihara pengamanan di area Kalijati. Bertanggung jawab langsung kepada Koordinator Pengamanan dan Pelayanan.




2.1.3.    Sarana dan Fasilitas Perusahaan
1.      Satu unit kendaraan pick up dan kendaraan bermotor
2.      Tujuh unit telepon dan satu unit mesin Faxcimile
3.      Enam unit perangkat komputer dan empat unit printer
4.      Satu  unit televisi dan kulkas
5.      Tiga Wartel
6.      Mushola
7.      Areal Parkir
2.1.4.    Tata Tertib Perusahaan
Ketentuan-ketentuan kedisiplinan pegawai baik di lapangan maupun didalam perusahaan, seperti :
1.      Memakai seragam yang telah ditentukan oleh perusahaan.
2.      Berpakaian rapi.
3.      Datang tepat waktu.
4.      Tidak boleh membawa barang-barang milik perusahaan tanpa seizin atasan, dan lain sebagainya.


2.1.5.    Keselamatan Kerja
ü      Menggunakan helm proyek.
ü      Menggunakan safety belt (sabuk keselamatan).
ü      Menggunakan sarung tangan.
2.2.    Sejarah Singkat Perusahaan
               Pada awalnya Telkom dikenal sebagai Perusahaan Umum Pos dan Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1990, berubah menjadi PERUMTEL. Dan pada tahun 1995, menjadi PT. Telkom sampai dengan saat sekarang ini. Adapun berdirinya PT. Telekmunikasi Kantor Cabang Kalijati adalah sebagai berikut.
Berawal dari pemisahan Kantor Cabang Telekomunikasi Subang lepas dari Kandatel Purwakarta, yaitu kurang lebih tahun 1995 berdirilah Kandatel Subang yang cabang-cabangnya yaitu sebagai berikut :
1.         Kandatel Subang
2.         Kancatel Jalan Cagak
3.         Kancatel Kalijati
4.         Kancatel Pabuaran
5.         Kancatel Ciasem
6.         Kancatel Pamanukan
7.         Kancatel Pagaden
Kemudian, lepas dari Kandatel Subang yaitu harus bergabung dengan Datel Cirebon pada tahun 2008.



BAB III
 LANDASAN TEORI
3.1.      Pengetikan Sepuluh Jari
            Pengetikan sepuluh jari adalah cara menggunakan Keyboard dengan menggunakan kesepuluh jari kita. Tujuannya yaitu untuk mempermudah pengetikan, pengetikkannya jadi lebih cepat, dan agar tidak terjadi kelelahan dalam mengetik.
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pengetikan Keyboard :
3.1.1.      Posisi Tangan Pada Keyboard
Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
a).    Posisi Pertama
     







Text Box: Gambar 3.1
Posisi tangan saat mengetik





Text Box: Gambar 3.2
Batas antara tangan kiri dengan tangan kanan


·         Tangan Kiri
Jari Kelingking            :  Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis                    :  Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
                        Jari Tengah                  :  Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk                :  Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
                        Ibu Jari                        :  Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi

·         Tangan kanan
Ibu Jari                        :  Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk                :  Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah                  :  Baris Pertama = 8
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis                    :  Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking            :  Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = L, ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan


b).   Posisi Kedua






Text Box: Gambar 3.3
Posisi jari kedua



·               Tangan Kiri
                           Jari Kelingking         :  Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
                           Jari Manis                 :  Baris Pertama = 2 dan 3
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
                           Jari Tengah               :  Baris Pertama = 4
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
                           Jari Telunjuk             :  Baris Pertama = 5 dan 6
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
                           Ibu Jari                     :  Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi

·               Tangan kanan
                           Ibu Jari                     :  Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
                           Jari Telunjuk             :  Baris Pertama = 7 dan 8
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
                           Jari Tengah               :  Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = L
                           Jari Manis                 :  Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
                           Jari Kelingking         :  Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan
Baris Kelima = Windows, left click dan ctrl kanan









Text Box: Gambar 3.4
Keyboard












3.1.2.      Struktur Tombol Pada Keyboard
            Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program. Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.      Tombol Ketik (Typing Keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
2.      Tombol Angka (Numeric Keypad)
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
3.      Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
4.      Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan Numeric Keypad, Home, End, Insert, Delete, Page Up, Page Pown, Control (ctrl), Alternate (alt) dan Escape (esc).

Function keys


Typing keys
 

Control keys

 

Numeric Keypad
 









Text Box: Gambar 3.5
Struktur tombol pada keyboard





3.1.3.      Fungsi-Fungsi Tombol Pada Keyboard
            Dibawah ini adalah beberapa fungsi tombol pada keyboard, yang berperan sebagai tombol perintah khusus yang disertakan pada system operasi maupun aplikasi.
No.
Tombol
Fungsi
1
Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 yang berfungsi untuk menutup Windows Program yang sedang aktif (Turn Off / Shut Down).
2
Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol U atau disebut juga CTRL-U yang berfungsi untuk mengaktifkan icon Underline pada layar yang digunakan untuk menggaris bawahi kalimat.
3
Rounded Rectangle: F1
Tombol F1 F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan.
4
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
5
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan benar dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pengetikan.
6
Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke tab-stop terdekat.
7
Menggerakan kursor sesuai arah anak panah bersangkutan.
8
Menghapus karakter disebelah kiri kursor.
9
Menghapus karakter di sebelah kanan kursor.
10
Memindahkan kursor ke awal baris diamana kursor berada.
11
Memindahkan kursor ke akhir baris diamana kursor berada.
12
Kursor berpindah keatas sejauh satu layar dari kursor berada.
13
Kursor berpindah kebawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Tabel. 3.1
Tabel  fungsi-fungsi tombol pada Keyboard
 












3.1.4.      Tips Menggunakan Keyboard
               Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
               Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas" katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1.      Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
2.      Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain   menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3.      Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.      Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.      Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda disaat mengetik.
comp-ergonomics.gif





Text Box: Gambar 3.6
Posisi saat menggunakan komputer










BAB IV
URAIAN JURNAL PRAKERIN
4.1.      Jurnal Kegiatan Prakerin
            Pada bab ini penulis akan menguraikan pekerjaan-pekerjaan yang telah penulis lakukan selama melaksanakan PRAKERIN.
Penulis melaksanakan PRAKERIN di PT. Telkom Cabang Kalijati dan PT. Jae Hyun Indonesia (JHI) Cikarang. Berikut ini adalah uraian kegiatannya:
4.1.1.      Uraian Jurnal PRAKERIN di PT. Telkom Cabang Kalijati
No.
Tanggal
Uraian pekerjaan yang dilakukan
1
6-8 Januari 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø    Pelayanan Gangguan
Ø    Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø    Membuat data gangguan atau data teknis
Ø    Pelayanan pembayaran rekening telepon
2
11-15 Januari 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø    Mengirim Faxcimile
Ø    Pelayanan Gangguan
Ø    Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Pelayanan pembayaran rekening telepon
3
18-22 Januari 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Membuat data Print Out di SISKA
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
4
25-29 Januari 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Mengecheck tagihan telepon dan Speedy
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
5
1-5 Februari 2010
§     Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Membuat data Print Out di SISKA
6
8-12 Februari 2010
§     Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengirim Faxcimile

Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data Print Out di SISKA
7
15-19 Februari 2010
§     Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
8
22-25 Februari 2010
§     Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
9
1-5 Maret 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengecek tagihan telepon dan Speedy
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Membuat data Print Out di SISKA
10
8-12 Maret 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengirim Faxcimile
11
15-19 Maret 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mengirim  Faxcimile
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon
12
22-26 Maret 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengirim  Faxcimile
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon dan Speedy
13
29-31 Maret 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
Ø     Mengecek tagihan telepon dan  Speedy
Ø     Pelayanan pembayaran rekening telepon dan  Speedy
14
1 dan 2 April 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø     Pelayanan Gangguan
Ø     Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø     Mengecek tagihan telepon dan Speedy
Ø     Mengirim Faxcimile
Ø     Membuat data gangguan atau data teknis
15
5-9 April 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø      Mengirim Faxcimile
Ø      Pelayanan Gangguan
Ø      Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø      Membuat data Print Out di SISKA
Ø      Pelayanan pembayaran rekening telepon
Ø      Membuat data gangguan atau data teknis
16
12-16 April 2010
§         Pelayanan Serpo
Ø      Pelayanan Gangguan
Ø      Mengirim Faxcimile
Ø      Mencatat nomor-nomor telepon yang mengalami gangguan
Ø      Membuat data gangguan atau data teknis
Ø      Pelayanan pembayaran rekening telepon

Tabel. 4.1
Uraian jurnal Prakerin di PT. Telkom Cabang Kalijati
 




4.1.2.     

Tabel. 4.2
Uraian jurnal Prakerin di PT. Jae Hyun Indonesia
 
Uraian Jurnal PRAKERIN di PT. Jae Hyun Indonesia
No.
Tanggal
Jenis Barang
Jenis kegiatan
Target (pcs)
1
19-23 April 2010
§       Deco Logo R/L
§        Packing
8.000
2
20-30 April 2010
§       Deco Logo R/L
§        Packing
8.000
3
3-7 Mei 2010
§       Top Lipstic Fanbo Red
§       Cap 3015 R/L
§        Cutting
§        Marking
§        Packing
2.450
4
10-12 Mei
§       Cap 3015 R/L
§       Bracket
§        Cutting
§        Marking
§          Packing
2.000
5
17-21 Mei 2010
§       Upper Case
§       Bottom Case
§        Cutting
§        Packing
1.300
6
24-27 dan 31 Mei 2010
§       Cap 3015 R/L
§        Cutting
§        Marking
§        Packing
2.000
7
1-4 Juni 2010
§       Cap 3015 R/L
§       Deco Ring
§        Cutting
§        Marking
§        Packing
1.700
8
7 juni 2010
§       Upper Case
§        Cutting
§        Packing
1000
9
8-11 Juni 2010
§       Sakit


10
14-18 Juni 2010
§       Body APV
§        Sending
800
4.2.      Tugas dan cara kerjanya
4.2.1.       Pelayanan Serpo
               Pelayanan Serpo bertugas melayani PSB, Wireline, Speedy, Pelayanan Pembayaran Rekening Telepon dan Speedy, informasi Billing, Pelayanan Gangguan dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah uraian kegiatan dibagian Pelayanan Serpo beserta cara kerjanya :
1.      Pelayanan Gangguan
Pelayanan Gangguan biasanya melayani komplen dari pelanggan yang didapat melalui telepon atau dengan melapor langsung ke loket. Cara melayani pelanggan yang akan melaporkan kerusakan atau gangguan telepon melalui percakapan ditelepon :
·         Pertama, menyebutkan nama perusahaan “Telkom Kalijati” ;
·         Kemudian menyapa pelanggan dengan mengucapkan salam “Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Sore” ;
·         Lalu operator menanyakan apa yang dibutuhkan pelanggan “Ada yang bisa kami bantu?” ;
·         Apabila pelanggan melaporkan kerusakan atau gangguan pada teleponnya, maka operator wajib menanyakan “Dengan nomor telepon atau Speedy berapa?, atas nama bapak/ibu siapa?, alamatnya dimana?, dan gangguannya apa?” dan operator juga harus mencatatnya diagenda yang sudah disediakan oleh Telkom ;
·         Buat pelanggan merasa puas atas pelaporannya “Terima kasih atas laporannya, kami akan segera memperbaikinya” ;
·         Terakhir, ucapkan salam kembali.
·         Catatan : jangan menutup telepon sebelum terlebih dahulu ditutup oleh pelanggan.
2.      Membuat Data Gangguan atau Data Teknis
Pada aplikasi SISKA yang sudah aktif, penulis cukup dengan mengketikkan tombol G-M-L pada keyboard, kemudian penulis memasukkan nomor telepon pada kotak isian, dan menekan tombol Enter→Print→OK.  Maka data gangguan akan di Print, dan penulis mencatatkan Data Teknisnya.
3.      Mencatat nomor-nomor telepon dan Speedy yang mengalami gangguan
·           Alat yang diperlukan    :   Satu buah buku dan ballpoint
·                           Cara kerja              : Catat nomor telepon yang mengalami gangguan, tulis nama dan  alamat pelanggan, jenis kerusakan yang dialami, dan dapat menghubungi ke nomor mana.
4.      Mengirim Faxcimile
Faxcimile adalah alat komunikasi untuk mengirim data berupa teks atau gambar dan fungsi lainnya sama seperti telepon.
Cara mengiri m Faxcimile :
·         Data berupa kertas yang akan dikirim, disimpan pada mesin Faxcimile dengan terbalik (kertas yang terdapat teks atau gambar diposisi belakang) ;
·         Tekan tombol monitor ;
·         Masukkan nomor telepon atau Fax yang dituju ;
·         Tunggu sampai terhubung ke nomor tujuan ;
·         Tekan tombol Fax/Start ;
·         Maka data tersebut sedang dalam proses pengiriman ;
·         Setelah proses pengiriman selesai, mesin Fax akan mengeluarkan Sending Report. Jika pada Sending Report tertera “Send Ok”, maka pengiriman telah berhasil.


5.      Membuat data Print Out di SISKA.
Pada aplikasi SISKA di menu Kontak Pelanggan penulis memasukkan nomor telepon lalu penulis mencetaknya (Print).
6.      Pelayanan Pembayaran Rekening Telepon dan Speedy
Di aplikasi Siska yang sudah aktif, penulis hanya tinggal memasukakan nomor telepon dan Speedy pelanggan yang akan dibayar, lalu tekan Enter →OK. Bukti pembayaran akan keluar dan tidak ada lagi tagihan.
7.      Mengecek Tagihan
Di aplikasi SISKA yang sudah aktif, penulis memasukan nomor telepon atau Speedy. lalu penulis melakukan Print Screen.
8.      Fitur-fitur yang disediakan Telkom antara lain :
·                                                                                                   Buka Isolir
Buka Isolir artinya membuka pemblokan nomor telepon. Biasanya nomor-nomor yang di Isolir tidak melunasi tegihan rekening telepon.
·                                                                                                   Balik Nama
Fasilitas telepon yang mengganti nama pelanggan lama dengan nama pelanggan baru.
·                                                                                                   PSK (Pasang Kembali)
Pemasangan kembali telepon yang sudah status Cabutan.
·                                                                                                   Klip (Color Id)
Fasilitas telepon untuk menampilkan nomor telepon yang menghubungi.
·                                                                                                   GNO (Ganti Nomor)
Fasilitas penggantian nomor lama ke nomor baru.
·                                                                                                   Keyword
Fasilitas penguncian pesawat telepon manggunakan kode yang diberikan oleh Telkom. Contoh *34*No PIN*0#.
Keterangan :
0# : Hanya terima, 1# : Lokal, 2# : Normal.
·                                                                                                   Hunting
Fasilitas panggilan minimal 2 nomor telepon atau lebih. Apabila penggilan ke nomor telepon yang pertama tidak diangkat, maka panggilan akan dialihkan ke nomor berikutnya.

4.2.2.       Operator
            Operator bekerja sebagai orang yang mengerjakan barang-barang yang dihasilkan oleh mesin, dengan di Sortir, Cutting, Marking, Packing, Sending, dan di Spray.
1.      Packing
Packing adalah proses pengepakan barang-barang yang sudah di sortir.
2.      Cutting
Cutting adalah proses pemotongan.
3.      Marking
Marking adalah proses penandaan barang yang sudah ok.
4.      Sending
Sending adalah proses penggosokan ulang, hal ini dikarenakan barang tersebut tergores atau proses Spray tidak rata.




 BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.                  Kesimpulan
Penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan PRAKERIN penulis mendapatkan banyak hal, diantaranya :
1.      Kegiatan PRAKERIN ini sangat bermanfaat untuk taruna-taruni SMK yang sebentar lagi lulus sekolah dan perlu menjadi orang yang sudah siap kerja.
2.      Taruna-taruni juga dapat menambah ilmu dalam dunia usaha yang sebelumnya belum sempat diberikan oleh sekolah.
3.      Taruna-taruni dapat menunjukan keahlian hasil pendidikan selama disekolah ke dalam dunia industri.
5.2.                  Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan kepada pihak sekolah adalah sebagai berikut :
1.      Kedisiplinan taruna-taruni lebih ditingkatkan lagi, karena supaya saat diperusahaan taruna-taruni sudah terbiasa dengan sikap disiplin.
2.      Kedisiplinan dalam kebersihan dilingkungan sekolah juga harus lebih diperhatikan lagi, karena dalam perusahaan-perusahaan besar sikap ini sangat dibutuhkan demi menunjang kelancaran dan kerapian dalam bekerja.
3.      Pengetahuan taruna-taruni dalam mata pelajaran umum juga harus lebih ditingkatkan lagi. Keefektifan dalam pembelajaran, menjadikan taruna-taruni yang cerdas. Dengan begitu taruna-taruni jadi lebih percaya diri untuk menghadapi dunia luar. Karena selain taruna-taruni SMK sudah lebih unggul dalam mental, fisik, juga kedisiplinan, ilmu pengetahuan juga sangat diperlukan.
4.      Keahlian dalam penguasaan bahasa asing harus lebih ditingkatkan lagi. Karena, hal ini juga sangat diperlukan untuk kelancaran berkomunikasi di lingkungan perusahaan. Terutama untuk kelancaran  berkomunikasi dengan atasan yang berasal dari luar negeri. Dan jika bisa, sekolah mengadakan bimbingan belajar bahasa asing lebih sering atau lebih lama. Selain itu juga, saat berkomunikasi di dalam kelas ada baiknya menggunakan sedikit bahasa asing untuk pembiasaan dan kelancaran dalam pengucapan.




DAFTAR PUSTAKA
Keterampilan Mengetik Sepuluh Jari,Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, 2004.
http ://www.google.com/sistematika – penulisan
http ://190.168.1.150. Tentang Pengetikan Sepuluh Jari.



DAFTAR ISTILAH

1.            DCS                   : Devisi Costumer Service
2.            DIVA                 : Devisi Accsess
3.            DUDI                 : Dunia Usaha Dunia Industri
4.            GNO                  : Ganti Nomor
5.            IKR/G                : Instalasi Kabel Rumah/Gedung
6.            Kancatel             : Kantor Cabang Telkom
7.            Kandatel                        : Kantor Daerah Telkom
8.            KASI                 : Kepala Sistem
9.            PERUMTEL      : Perusahaan Umum Telekomunikasi
10.        PRAKERIN      : Praktek Kerja Industri
11.        PSB Telepon      : Pasang Baru Telepon
12.        PSG                    : Pendidikan Sistem Ganda
13.        PSK                    : Pasang Kembali
14.        Serpo                  : Servis Poin
15.        SISKA               : Sistem Keamanan
16.        STO                    : Standar Teknik Otomat







Komentar